Home » » Tips Cara Mengatasi WIndows File Protection Di Windows XP

Tips Cara Mengatasi WIndows File Protection Di Windows XP

Written By Teratasi on Thursday, 12 March 2015 | 19:53

Cara mengatasi jendela windows file protection yang sering muncul pada windows xp

Tips Cara Mengatasi WIndows File Protection Di Windows XP – Windows XP adalah salah satu versi sistem operasi Windows yang dibuat oleh Microsoft dan dirilis pada 25 Oktober 2001, dan juga merupakan generasi penerus dari versi sebelumnya, yaitu Windows 2000 Professional dan Windows Me. Pada tahun 2009 Microsoft merilis generasi berikutnya, yaitu Windows 7 dan Windows 8 yang dirilis pada tahun 2012. Windows 7 dan Windows 8 memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan Windows XP, salah satunya dari segi interface yang lebih elegant dan modern. Meskipun begitu, pengguna PC saat ini masih banyak yang memilih menggunakan Windows XP sebagai sisitem operasi pada perangkat computer mereka.

Pada sistem operasi Windows XP disisipkan sebuah proteksi file dengan nama Windows File Protection atau yang biasa disebut WFP. Dari banyak pengguna Windows XP, diantaranya pasti pernah merasa kesal dengan munculnya jendela Windows File Protection yang berisi pesan “File that are required for Windows to run properly have been replaced by unrecognized versions of this file. Insert your Windows XP Professional Service Pack 2 CD now. Meskipun hal ini tidak berpengaruh pada kinerja sistem, tetapi jendela pesan tersebut tentu sangat menggagu dan memperlambat aktifitas, karena kemunculannya yang secara tiba-tiba dan berulang-ulang.

jendela windows file protection

Munculnya jendela Windows File Protection ini biasanya disebabkan oleh hilangnya salah satu file sistem dari jutaan file yang terdapat pada folder “C:\\Windows”. Kemungkinan hilangnya salah satu file sistem tersebut karena terhapus baik secara sengaja atau tidak sengaja atau mungkin disebabkan oleh aplikasi bahkan virus yang merusak file-file tersebut sehingga tidak dapat diakses dengan normal.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jendela Windows File Protection agar tidak muncul lagi? Berikut kami sajikan 2 Cara mengatasi jendela Windows File Protection yang sering muncul di Windows XP.

CARA 1 – Menggunakan CD/DVD Install Windows XP

Step 1

Saat jendela peringatan Windows File Protection muncul, buka CD/DVD-ROM dan masukan CD/DVD instalasi yang anda gunakan untuk menginstall windows pada perangkat PC anda.

Step 2

Setalah CD/DVD instalasi windows anda masukan ke dalam CD/DVD-ROM, selanjutnya klik tombol Retry yang terdapat pada jendela Windows File Protection yang muncul.

Step 3

Tunggu beberapa saat hingga Windows selesai melakukan copy ulang file sistem yang rusak atau terhapus dari CD/DVD ke sisetem perangkat PC anda.

Step 4

Setelah semuanya selesai, silahlkan lakukan restart atau reboot PC anda dan selamat menggunakan PC anda kembali secara normal.

Nah, langkah-langkah diatas merupakan cara mengatasi jendela Windows File Protection yang sering muncul dengan menggunakan CD/DVD instalasi Wiondows XP.

Lalu, bagaimana jika CD/DVD instalasi Windows XP anda hilang atau rusak? Mungkin anda bisa mencoba cara kedua dibawah ini, cara mengatasi jendela Windows File Protection yang sering muncul di Windows XP tanpa kaset CD/DVD install Windows XP.

CARA 2 – Menggunakan Cmd (Coomand Prompt)

Step 1

terlebih dahulu buka jendela RUN dengan cara menekan tombol Windows + R dari keyboard anda. Kemudian ketik services.msc dilanjutkan dengan menekan tombol Enter dari keyboard anda.

Step 2

Akan muncul jendela Services, silahkan anda cari entri dengan nama Cryptographic Services kemudian lakukan double klik pada entri tersebut. Maka jendela properties akan muncul dan ganti mode pada opsi Startup Type menjadi Disabled, dilanjutkan dengan mengklik tombol Apply dan OK.

mengatasi windows file protection yang sering muncul tanpa menggunakan kaset cd/dvd install windows

Step 3

Jalankan tool Cmd (Command Prompt) dengan cara mengetik cmd melalui jendela RUN (Windows + R) kemudian Enter.

Step 4

Setelah tool Cmd terbuka, ketikan perintah dibawah ini pada cmd secara urut dan bergantian :

cd \windows\system32 (lalu tekan Enter)

ren rshx32.dll rshx32.old (lalu tekan Enter)

ren sfc_os.dll sfc_os.old (lalu tekan Enter)

cd \ (lalu tekan Enter)

del rshx32.dll /s (lalu tekan Enter)

del sfc_os.dll /s (lalu tekan Enter)

cd \windows\system32 (lalu tekan Enter)

copy rshx32.old rshx32.dll (lalu tekan Enter)

copy sfc_os.old sfc_os.dll (lalu tekan Enter)

Step 5

Berikutnya kita akan melakukan debug. Masih pada jendela tool cmd, Silahkan lanjutkan mengetik perintah dibawah ini secara urut dan bergantian

DEBUG rshx32.dll (lalu tekan Enter)

Sampai disini anda akan melihat tanda “-“ (tanpa tanda kutip) pada tool Cmd, silahkan anda lanjutkan dengan mengetikan perintah dibawah ini :

S 100 8000 74 00 5C 00 4F (lalu tekan Enter)

Selanjutnya setelah proses debugging, akan muncul kode kira-kira kurang lebih seperti ini :

: 0ADE:0AC0

Perhatikan kode hasil debug yang digaris bawahi diatas, ingat kode tersebut karena akan diketikkan pada perintah berikutnya , yaitu :

E 0AC0 74 00 00 00 4F (lalu tekan Enter)

Silahkan lanjutkan dengan mengetikkan perintah berikutnya :

W (lalu tekan Enter)

Q (lalu tekan Enter)

Step 6

Langkah selanjutnya kita masih akan melakukan debug menggunakan tool Cmd, ketikkan perintah dibawah ini secara urut dan bergantian :

DEBUG sfc_os.dll (lalu tekan Enter)

Disini anda akan kembali melihat tanda “-“ (tanpa tanda kutip) pada tool Cmd, silahkan anda lanjutkan dengan mengetikan perintah dibawah ini :

S 100 8000 74 00 5C 00 4F (lalu tekan Enter)

Setelah proses debugging, akan muncul kembali kode kira-kira kurang lebih seperti ini :

: 0ADE:0AC0

Seperti pada pada step 5, ingat kode hasil debug yang digaris bawahi diatas, karena akan diketikkan pada perintah berikutnya , yaitu :

E 0AC0 74 00 00 00 4F (lalu tekan Enter)

Silahkan lanjutkan dengan mengetikkan perintah berikutnya :

W (lalu tekan Enter)

Q (lalu tekan Enter)

copy rshx32.dll dllcache (lalu tekan Enter)


copy sfc_os.dll dllcache 
(lalu tekan Enter)

Catatan! : pada beberapa kasus hasil kode debug biasanya berbeda-beda, yang perlu anda ingat adalah kode hasil debug yang dipakai hanya 4 digit dari kanan sebelum tanda “:”.

STEP 7

Langkah berikutnya, silahkan anda buka Registry Editor dengan cara mengetik regedit melalui jendela RUN (Windows + R) kemudian Enter.

STEP 8

Setelah jendela Registy Editor terbuka, silahkan menuju ke directory berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot

Kemudian kita akan membuat DWORD Value baru, caranya klik kanan pada jendela Registry Editor dan pilih New > DWORD Value.

cara mengatasi windows file protection yang sering muncul secara berulang-ulang tanpa menggunakan kaset cd/dvd install windows xp

STEP 9

Setelah itu akan muncul DWORD Value yang baru dengan nama New Value #1. Klik kanan pada New Value #1 tersebut kemudian pilih Rename dan ubah namanya OptionValue . Klik kanan sekali lagi dan Modify, selanjutnya muncul jendela Edit DWORD Value, pada opsi Value Data silahkan anda ganti menjadi 1 dan dilanjutkan dengan mengklik tombol OK.

cara mengatasi windows file protection yang sering muncul secara berulang-ulang dan tiba-tiba

STEP 10

Langkah terakhir adalah tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan lakukan restart atau reebot pada system PC anda. Sampai disini proses sudah selesai dan selamat menggunakan PC anda kembali secara normal.

Baiklah, itulah tadi sedikit ulasan mengenai cara mengatasi wIndows file protection yang sering muncul di Windows XP, baik menggunakan atau tanpa kaset CD/DVD Install. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.