Home » » Cara Menonaktifkan Fitur Windows Auto Update di Windows 7

Cara Menonaktifkan Fitur Windows Auto Update di Windows 7

Written By Teratasi on Friday, 20 March 2015 | 10:28

Cara Menonaktifkan Fitur Windows Auto Update di Windows 7

Cara Menonaktifkan Fitur Windows Auto Update di Windows 7 – Pada Windows 7 terdapat berbagai fitur yang memiliki fungsi tersendiri yang mana ditujukan untuk mempermudah para penggunanya dalam mengakses ataupun mengolah data pada perangkat mereka. Namun meskipun begitu, dibalik keunggulan beberapa fitur yang disisipkan pada sistem operasi operasi Windows 7 juga memiliki kekurangannya masing-masing. Nah Kali ini kita akan mengulas tentang salah satu fitur bawaan Windows 7 yang kita kenal dengan nama Windows Auto Update.

Apa itu Windows Auto Update?

Windows Auto Update merupakan salah satu fitur bawaan pada sistem operasi Windows 7 yang dikembangkan oleh Microsoft dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan update pada sistem operasi Windows yang sedang mereka gunakan ketika ada fitur-fitur baru maupun fitur lama yang telah diperbaharui oleh pihak Microsoft. Seperti namanya, fitur ini akan melakukan update otomatis ketika perangkat PC kita terhubung dengan internet.

Apa saja kelbihan dan kekurangan fitur Windows Auto Update?

Segala sesuatu yang memiliki kelebihan pastilah memiliki kekurangan, sama halnya dengan fitur Windows Auto Update ini dimana dibalik kelebihannya terdapat beberapa kekurangan yang kadang membuat beberapa pengguna Windows merasa resah.

Kelebihan Windows Auto Update – Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya , dengan adanya fitur Windows Auto Update maka akan lebih memudahkan pengguna dalam meng-update fitur-fitur baru atau fitur lama yang telah diperbaharui secara otomaitis tanpa campur tangan pengguna itu sendiri. Microsoft menciptakan fitur ini dengan tujuan untuk melakukan penyempurnaan berkala, dengan selalu mengembangkan fitur fitur sistem mereka agar sistem operasi yang digunakan oleh pengguna setia windows dapat bekerja semaksimal mungkin dan kompitabel dengan produk-produk mereka ataupun aplikasi dari pihak ketiga. Selain itu, fitur ini sangat berguna bagi keamanan perangkat PC anda, mengapa? Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam dunia programming kita sudah tak asing lagi dengan istilah bug yang mana merupakan sebuah celah pada software akibat kesalahan mesin ataupun pembuat dalam hal kode atau yang lainnya yang mana dapat mengakibatkan kerusakan fatal apabila dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab. Sistem operasi Windows 7 pun tak luput dari celah yang dapat mebahayakan sistem perangkat PC anda, maka dari itu Windows Auto Update berfungsi untuk memeriksa update yang diberikan oleh Microsoft untuk memberi patch atau menutupi celah-celah berbahaya pada sistem operasi Windows 7 yang anda gunakan.

Kekurangan Windows Auto Update – Dari sekian banyak pengguna Windows 7, beberapa diantaranya merasa risih dengan fitur Windows Auto Update, mereka beranggapan koneksi internet akan menjadi lambat karena saat proses update windows sedang berjalan akan menggunakan bandwith yang sangat banyak. Selain itu, proses shutdown akan memakan waktu yang sangat lama sesaat setelah melakukan update windows, kira-kira setengah hingga satu jam, karena sistem anda akan melakukan instalasi file update yang telah di download secara otomatis. Dan jika anda mengentikan proses instalasi secara paksa, maka akan mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal pada mainboard di perangkat PC anda. Mereka juga percaya dengan adanya fitur auto update ini hanya akan mengurangi atau menipisnya ruang kosong pada hardisk, karena semakin banyaknya file update yang tersimpan pada disk drive yang anda gunakan, yang bisa mengakibatkan laju kinerja PC anda menjadi semakin lambat.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan serta kekurangan fitur Windows Auto Update yang terdapat pada Windows 7. Bagaimana menurut anda? Apakah anda memilih untuk tetap mengaktifkan fitur Windows Update atau tidak? Jika perangkat PC anda menggunakan sistem operasi Windows 7 original berlisensi, sebaiknya fitur Windows Auto Update tetap aktif dan bagi anda yang memang merasa risih dengan fitur tersebut dan ingin menonaktifkannya, berikut ini kami sajikan langkah-langkah cara mononaktifkan fitur Windows Auto Update pada Windows 7.

STEP 1

Buka Start Menu kemudian pilih Control Panel.

start menu - control panel - cara untuk menonaktifkan windwos auto update pada windows 7

STEP 2

Masuk ke menu System and Security.

system security - menonaktifkan windows auto update

STEP 3

Silahkan pilih opsi Turn automatic updating on or off Pada menu Windows Update.

turn automatic udatting on or off - cara menonaktifkan fitur windows auto update

STEP 4

Pada pilihan Important Updates silahkan anda pilih Never checks for updates (not recommended). Kemudian hilangkan juga tanda centang pada pilihan Give me recommended updates the same away I received importan updates dan Allow all user to install updates on this computer. Selanjutnya tinggal klik tombol OK.

important updates - cara menonaktifkan auto update di windows 7

Baiklah, itulah tadi beberapa ulasan tentang fitur Windows Auto Update serta cara menonaktifkan fitur Windows Auto update di Windows 7 semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.