Home » , , , , , , » Trik Menyembunyikan File ke dalam File Gambar (Steganografi)

Trik Menyembunyikan File ke dalam File Gambar (Steganografi)

Written By Teratasi on Tuesday, 14 November 2017 | 20:56


Cara Menyembunyikan File ke Dalam File Gambar Tanpa Software dengan Teknik Steganografi - Teratasi.Com

Teknik Steganografi : Cara Menyembunyikan File ke dalam File Gambar – Tak bisa dipungkiri bahwa setiap pengguna perangkat komputer pasti memiliki sebuah file pribadi yang bersifat rahasia dan tak ingin ada orang lain yang melihat atau mengaksesnya, sehingga file yang dianggap rahasia tersebut biasanya disembunyikan atau di-hidden. Ya!, seperti yang kita ketahui, cara umum yang biasa dilakukan orang-orang untuk menyembunyikan file yang dianggap rahasia adalah dengan menggunakan atau mengaktifkan fitur Hidden pada menu properties dari file tersebut.

Namun, pada artikel kali ini saya akan membagikan tentang cara menyembunyikan file yang lain daripada yang lain dan tanpa menggunakan software, yaitu menyembunyikan file ke dalam file gambar dengan menggunakan teknik Steganografi, ya..bisa dibilang ini semcam kamuflase. Mungkin sebagian dari anda pernah menonton sebuah film drama yang berjudul Ghost/Phantom, yang menceritakan tentang sebuah kasus pemb*n*han dan h*ck*r, dimana salah satu scene nya video bukti pemb*n*han yang disembunyikan dalam sebuah file gambar dengan teknik Steganografi.

Apa sih Steganografi itu? Secara harfiah Setganografi/Steganography berasal dari bahasa Yunani, Steganos yang berarti “Tersembunyi/Terselubung” dan Graphien yang berarti “Menulis” , adalah sebuah teknik meulis pesan rahasia atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tak seorang pun yang mengetahui atau menyadari bahwa terdapat sebuah pesan rahasia.

Baiklah, berikut ini kita akan mempraktekkan Cara Menyembunyikan File ke Dalam File Gambar dengan Teknik Steganografi. Tapi, perlu anda ingat bahwa ini hanya sebuah pembelajaran, mohon digunakan dengan bijak.

STEP 1

Siapkan sebuah file rahasia yang ingin anda sembunyikan dan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai media persembunyian file rahasia anda, kemudian simpan kedua file tersebut ke dalam directory dan folder yang sama.

Sebagai contoh, disini saya akan menyembunyikan sebuah file word yang saya beri nama “CatatanRahasia.docx” ke dalam sebuah file gambar Logo.jpg, yang telah saya simpan di folder yang sama “steganografi” dan kemudian saya letakkan pada directory “Local Disk D”.

Simpan File Dan File Gambar Pada Direktori Yang Sama - Teknik Steganografi : Cara Menyembunyikan File ke dalam File Gambar - Teratasi.com

STEP 2

Compress file yang ingin anda sembunyikan kedalam format .rar. Caranya Klik Kanan pada file yang ingin anda sembunyikan, kemudian pilih Add to archive, lali klik OK.

Compress File Yang Ingin Disembunyikan Menjadi Format Rar - Tutorial Steganografi, Cara menyembunyikan file rahasia ke dalam file gambar tanpa software - Teratasi.com

Maka file yang akan anda sembunyikan tadi telah dalam format .rar.

Hasil Compress File Yang Ingin Disembunyikan Menjadi Format Rar - Tutorial Menyembunyikan Gambar ke Dalam File Gambar Dengan Teknik Steganografi - Teratasi.com

STEP 3

Jalankan Tool Command Prompt atau cmd, dengan cara buka Start Menu, lalu pada kotak pencarian ketikkan cmd, setelah tool cmd muncul silahkan anda klik.

STEP 4

Setelah cmd terbuka, selanjutnya melalui cmd ini kita akan mengakses directory atau drive tempat dimana file yang ingin disembunyikan tadi. Karena disini saya menyimpannya di directory Local Disk D:, maka perintah yang harus di ketik pada cmd adalah D:, lalu tekan Enter.

Akses Directory File Yang Ingin Disembunyikan Melalui Cmd - Cara Menyembunyikan File ke Dalam File Gambar dengan Teknik Steganografi - Teratasi.com

STEP 5

Setelah mengakses directory, selanjutnya kita akan mengakses folder tempat kita menyimpan file rahasia yang akan disembunyikan tadi. Disini saya menyimpannya dalam folder yang saya beri nama steganografi, maka perintah yang diketikkan adalah cd steganografi, dilanjutkan dengan menekan tombol Enter dari keyboard.

Akses Folder File Yang Ingin Disembunyikan Melalui Cmd - Teknik Steganografi : Cara Menyembunyikan File ke dalam File Gambar - Teratasi.com

STEP 6

Setelah mengakses directory dan folder tempat kita menyimpan file rahasia yang akan disembunyikan, Nah! Sekaranglah saatnya kita menyembunyikan file rahasia tersebut ke dalam file gambar. Ketikkan perintah seperti contoh di bawah ini lalu tekan Enter.

copy /b logo.jpg+catatanrahasia.rar secret.jpg

PERHATIKAN! Tulisan berwarna Merah pada perintah diatas adalah nama file gambar yang akan kita jadikan media untuk menyembunyikan file rahasia dan tulisan yang berwarna Biru adalah nama file rahasia yang akan kita sembunyikan, sedangkan tulisan yang berwarna Kuning adalah nama file gambar yang nantinya akan muncul, dimana file gambar tersebut di dalamnya telah disembunyikan file rahasia kita. Silahkan anda sesuaikan.

Ketikan Perintah Steganografi Melalui Cmd - Trik Steganografi Menyembunyikan File ke dalam File Gambar - Teratasi.com

File Gambar Hasil Steganografi - Menyembunyikan File ke dalam File Gambar Dengan Teknik Steganografi - Teratasi.com

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, maka kita telah selesai menyembunyikan file rahasia ke dalam sebuah file gambar dengan menggunakan teknin steganografi. Lalu, bagaimana cara mengakses file yang telah kita sembunyikan tersebut? Nah, Cara untuk mengakses atau membuka file yang telah disembunyikan ke dalam file gambar dengan menggunakan teknik steganografi adalah dengan cara :

Klik kanan pada file gambar hasil dari steganografi, kemudian pilih opsi Open With, lalu pilih opsi WinRar archiver. Maka file yang telah anda sembunyikan dengan teknik steganografi akan terbuka.

Cara Mengakses atau Membuka File Yang Telah Disembunyikan Dalam File Gambar - Cara untuk mengakses atau membuka file yang telah disembunyikan ke dalam file gambar dengan menggunakan teknik steganografi - Teratasi.com

Jika masih kurang paham maka untuk lebih jelasnya silahkan nonton video di bawah ini tentang Trik Menyembunyikan File ke dalam File Gambar (Steganografi)



Baiklah, itulah tadi Tutorial Menyembunyikan Gambar ke Dalam File Gambar Dengan Teknik Steganografi. Semoga bermanfaat, terimakasih dan Wassalam.