Home » , , , , , , » Cara Rahasia Menambah RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7

Cara Rahasia Menambah RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7

Written By Teratasi on Wednesday, 20 December 2017 | 03:11

Cara Rahasia Menambah RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7 - Menjadikan Flashdisk Sebagai RAM eksternal di Windows 7 Menggunakan fitur Ready Boost - Teratasi.com

Cara Mudah Menambah RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7 (Ready Boost) – Menggunakan perangkat dengan spesifikasi RAM yang rendah tentu akan membuat performa perangkat menjadi kurang optimal. Kinerja perangkat dan ruang gerak anda dalam melakukan aktifitas pada perangkat yang memiliki jumlah RAM yang rendah akan terbatas, misalnya jika anda ingin mengoperasikan program-program yang memang membutuhkan RAM yang tinggi, seperti aplikasi design dari produk adobe atau game-game yang cukup memakan banyak ruang RAM.

Nah, jika perangkat anda menggunakan sistem operasi Windows 7 dan kapsitas RAM pada perangkat anda rendah, jangan khawatir! Karena pada sistem operasi Windows 7 terdapat fitur yang memungkinkan anda untuk menambah nilai RAM pada perangkat anda tanpa harus membeli atau menambah RAM baru. Ya! Fitur yang dimaksud adalah Ready Boost.

Ready Boost merupakan salah satu fitur bawaan windows yang pertama kali dirilis pada generasi Windows Vista yang kemudian disempurnakan pada sistem operasi Windows 7. Dengan mengunakan fitur Ready Boost ini, anda dapat menambah nilai RAM pada perangkat anda hanya dengan menggunakan media flashdisk saja yang harganya relatif lebih murah daripada anda harus membeli atau menambah RAM baru. Namun, yang perlu anda ketahui adalah bahwa flashdisk yang digunakan untuk menambah RAM pada perangkat anda menggunakan fitur Ready Boost bukanlah asal flashdisk, maksudnya adalah tidak semua flashdisk bisa digunakan, melainkan ada beberapa spesifikasi flashdisk yang menjadi persyaratan agar bisa menjadi tambahan nilai RAM menggunakan fitur Ready Boost.

Berikut adalah beberapa persyaratan spesifikasi flashdisk yang bisa anda gunakan sebagai penambah kapasitas RAM melaui fitur Ready Boost:
  • Flashdisk dengan sistem NTFS, FAT 16 atau FAT32.
  • Memiliki freespace (Ruang Kosong) minimal 235 MB.
  • Memiliki kecepatan akses data sebesar 1 milidetik atau lebih.
  • Memiliki kemampuan read 2.5 mb/s dan write 1.75 mb/s.
Nah, jika perangkat flashdisk anda telah memenuhi syarat seperti diatas, maka kita lanjutkan ke langkah-langkah Menjadikan Flashdisk Sebagai RAM eksternal di Windows 7.

STEP 1

Hubungkan flashdisk yang telah anda siapkan untuk menjadi RAM eksternal ke port usb pada perangkat anda.

STEP 2

Buka Windows Explorer (Win + E), kemudian klik kanan pada partisi atau device flashdisk anda. Selanjutnya pilih opsi Properties.

STEP 3

Setelah jendela properties terbuka, masuk ke tab menu Ready Boost. Pilih opsi Use this device. Kemudian di bawahnya, silahkan anda atur berapa besar kapasitas flashdisk yang akan anda gunakan untuk menambah RAM pada perangkat anda dengan cara menggeser ke kanan pada slide yang tersedia. Jika sudah klik Apply dan Ok.

Menjadikan Flashdisk Sebagai RAM eksternal di Windows 7 - Terataso.com

Nah! Setelah melakukan langkah-langkah diatas, maka sampai disini anda telah berhasil menambah RAM pada perangkat anda menggunakan flashdisk. Maka akan terdapat beberapa program file pada flashdisk anda sekarang dengan size sesuai dengan berapa jumlah kapasitas yang telah anda tentukan tadi. INGAT! Jangan hapus program file tersebut, karena file tersebut hasil dari proses Ready Boost.

Selain itu yang perlu anda ketahui adalah bahwa anda hanya bisa menambah kapasitas RAM menggunakan flashdisk hanya sebesar 4 GB saja, jadi jika anda menggunakan flashdisk dengan kapasitas 8 GB pun, tetap saja maksimal hanya 4 GB yang akan digunakan. Tapi anda bisa menggunakan hingga 8 buah flashdisk sekaligus untuk dijadikan RAM internal pada perangkat anda menggunakan fitur Ready Boost. Dan RAM yang bertambah tak akan terbaca di sistem operasi anda, sama seperti aplikasi Ebooster yang juga fungsinya hampir sama, tak terbaca pada sistem namun tetap menambah kapasitas RAM.

Hal terpenting yang harus anda ingat adalah jangan asal mencabut flashdisk yang anda gunakan sebagai RAM eksternal pada perangkat anda yang mana di dalamnya terdapat program file hasil dari proses Ready Boost.

Ok, sampai sini saja dulu artikel kali ini mengenai Cara Mudah Menambah RAM Menggunakan Flashdisk di Windows 7 (ReadyBoost). Semoga bermanfaat, terimakasih dan jangan lupa berbahagia!