Home » , , , , , , , » Trik Memaksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate

Trik Memaksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate

Written By Teratasi on Monday, 18 December 2017 | 05:41

Tips & Trik Memaksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate Agar Benar, Tepat dan Tidak Rancu - Teratasi.com

Trik Memaksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate – Salah satu layanan penerjemah digital online yang paling popular, Ya! Apalagi kalau bukan Google Translate, merupakan salah satu layanan Google yang memungkinkan anda untuk menerjemahkan dari satu ke bahasa lain secara cepat. Terdapat puluhan bahasa yang bisa anda terjemahkan menggunakan Google Translate, baik itu per-kata ataupun per-kalimat secara cepat dan singkat. Hal ini akan lebih menghemat waktu anda dibandingkan harus membuka kamus manual.

Akan tetapi Google Translate masih memiliki beberapa kelemahan, salah satu yang biasa dikeluhkan oleh penggunanya adalah terkadang apa yang kita masukkan dalam kolom translate, saat diterjemahkan hasilnya terlihat aneh atau rancu.

Nah! Berikut ini beberapa Tips & Trik Memaksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate Agar Tidak Rancu.

1. Gunakan Kalimat yang Benar & Baku (EYD)

Salah satu hal yang paling sering terjadi yang kemudian menyebabkan hasil terjemahan Google Translate menjadi aneh dan rancu adalah ketika anda menerjemahkan kalimat yang tidak baku dan tidak sesuai EYD. Misalnya anda menerjemahkan kalimat Bahasa Indonesia “kalo gue lagi ngejelasin, lu dengerin dong” ke Bahasa Inggris, maka anda akan mendapatkan terjemahan “if I mention again, you listen to dong”. Aneh kan? Tapi coba anda ganti dengan kalimat baku “ketika saya menjelaskan, mohon anda medengarkan saya” maka anda akan mendapatkan hasil terjemahan yang lebih baik “when I explain, please listen to me”.

2. Jangan Menggunakan Bahasa/Istilah Gaul, Alay & Kata Singkatan

Jangan coba-coba membawa kegaulan dan ke-alay-an anda di Google Translate, percayalah! Anda hanya akan membuang-buang waktu. Kenapa? Karena Google Translate bukanlah anak gaul. Misalkan anda menerjemahkan kata “kzl” yang seharusnya “Kesal”, atau “Unyu” yang seharusnya “Lucu/Imut” atau mungkin “Begindang”yang seharusnya “Begini”. Jangan pula anda menggunakan kalimat alay, misalnya seperti “K4mh0e L4ghie 4pA?”, “D4h M4eem blo0M” atau bahasa tidak beradab sejenisnya, anda hanya akan melakukan hal yang penuh kesia-siaan. Dan hindari menggunakan kata singkatan seperti yg, dll, dsb, sbb.

3. Hindari Menerjemahkan Paragraf yang Terlalu Panjang

Ada baiknya jika anda menerjemahkan per-kalimat saja, untuk menghindari kerumitan proses penerjemahan mesin Google Translate, Karena biasanya jika menerjemahkan satu atau lebih paragraf sekaligus menyebabkan ada beberapa kata yang tidak diterjemahkan atau mungkin kesalahan susunan kata/kalimat yang tidak sesuai. Selain itu dengan hanya menerjemahkan per-kalimat saja anda bisa lebih mudah memahami setiap kata dari kalimat terkait.

4. Gunakan Terjemahan Alternatif

Terjemahan alternative adalah salah satu fitur pada Google Translate yang memungkinkan anda jika merasa ragu dengan hasi salah satu kalimat yang telah diterjemahankan. Nah, hanya dengan mengklik kalimat yang anda rasa kurang tepat, maka secara otomatis akan muncul beberapa terjemahan alternative yang mungkin lebih tepat.

5. Lakukan Translate Dua Arah

Jika anda melakukan sebuah penerjemahan menggunakan Google Translate, sebaiknya lakukan Translate dua arah, misalnya anda menerjemahkan kalimat Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, maka salin hasil terjemahan kalimat tersebut, lalu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, atau tinggal anda klik tombol Swap Languages (icon dua arah panah) agar terjemahan menjadi berbalik. Jika hasilnya sama dengan kalimat yang anda terjemahkan tadi, maka bisa dipastikan hasil terjemahan sudah baik. Namun apabila sebaliknya, mungkin anda harus memeriksa kembali susunan kata atau kalimat yang anda gunakan, mungkin saja masih terdapat kata atau kalimat yang tidak baku.

Ok, Baiklah! Itulah tadi sedikit Tips & Trik Memaksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate Agar Tidak Rancu. Semoga bermanfaat, terimakasih dan Wassalam!